SELAMAT DATANG DI WEBSITE KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PEMALANG || MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI ||

Jelang Ramadhan, Jajaran Kankemenag Sholat Jumat di Masjid Pagaran

2018-05-11 14:55:45

Pemalang - Segenap jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang melaksanakan sholat Jumat di Masjid Sulaiman Asy'ari Pagaran, Pemalang, Jumat (11/5). Sholat Jumat turut dihadiri oleh jajaran Kodim 0711/Pemalang, Polres Pemalang, KUA Kecamatan Pemalang, dan BAZNAS Kabupaten Pemalang.

Kegiatan sholat Jumat dengan berkeliling dari satu masjid ke masjid yang lain di Kabupaten Pemalang merupakan agenda rutin Kankemenag Kabupaten Pemalang. Kegiatan sudah berjalan selama lebih tiga tahun yang dimulai sejak kepemimpinan Taufik Rahman.

"Kegiatan ini, kegiatan rutin. Tidak usah bingung karena khotibnya tentara, apa jangan-jangan Pemalang tidak aman. Aman tidak aman tergantung kita semua, apakah kita mampu menjaga keamanan, karena aparat polisi dan tentara tidak mungkin menjaga keamanan sendiri tanpa dibantu".

Demikian dijelaskan oleh Kepala Kankemenag, Taufik Rahman dalam sambutannya setelah sholat Jumat. Mustofa, anggota TNI Koramil Bantarbolang bertindak sebagai khotib. Materi khutbah yang disampaikannya terkait bulan Ramadhan.

Lebih lanjut Taufik menjelaskan kegiatan sholat Jumat keliling dalam rangka silaturahmi antara jajaran Kankemenag, Polres, dan Kodim dengan masyarakat. Menyambut bulan Ramadhan, dia mengajak masyarakat untuk meningkatkan ibadahnya. Bagi yang masih mempunyai hutang puasa Ramadhan tahun kemarin, untuk segera melunasi.

"Menjelang bulan Ramadhan, barangkali keluarga kita masih ada yang hutang puasa untuk segera melunasi puasa Ramadhan tahun kemarin. Mari ramaikan bulan Ramadhan di Kabupaten Pemalang dengan memakmurkan masjid sebagaimana kegiatan kali ini. Kita persiapkan diri kita untuk menyambut bulan Ramadhan," himbaunya.

Selesai sambutan, Kepala Kankemenag bersama Ketua BAZNAS, perwakilan Dandim dan Kapolsek membagikan bantuan kepada Takmir Masjid Sulaiman Asy'ari, 20 masyarakat miskin, dan 40 orang guru madrasah diniyah.

Takmir masjid menerima bantuan sebesar Rp2 juta dan satu mushaf Al-Qur'an. Fakir miskin dan guru madin masing-masing menerima bantuan sebesar Rp250 ribu. Total bantuan yang dibagikan sebesar Rp17 juta. Bantuan yang dibagikan berasal dari zakat profesi PNS Kankemenag Kabupaten Pemalang. (fi)